Wamendes: Pemulihan Ekonomi Indonesia Ada Di Desa

Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi mengatakan masyarakat pedesaan menjadi pihak yang paling siap menopang pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19. 

“Intinya, bahwa peluang pemulihan ekonomi Indonesia memang ada di desa,” ujar Budi Arie melalui keterangan tertulis, Selasa (9/2/2021). 

Menurut Budi Arie, minimnya kasus Covid-19 di desa-desa akan menjadi pendorong pemulihan ekonomi nasional.

Dirinya mengimbau kepada seluruh warga desa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Saya harap seluruh warga desa terus disiplin (protokol kesehatan). Agar supaya penularan covid 19 bisa kita minimalisir. Kita putus mata rantainya agar tidak masuk ke desa. Karena desa akan menjadi harapan dan tulang punggung pemulihan ekonomi nasional,” ujar Budi Arie. 

Menurut Budi Arie, desa-desa memiliki potensi besar di sektor pertanian. 

Dirinya menilai sektor pertanian menjadi sektor yang masih tumbuh positif dibandingkan sektor ekonomi lainnya. Lebih dari 80 persen desa di Indonesia berbasis ekonomi pertanian.

“Maka saya harap BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) sebagai pusat ekonomi perdagangan dan distribusi di desa, harus bisa bertransformasi dan bergeliat dengan bekerjasama dan tentunya dukungan dari berbagai pihak, BRI misalnya, dari sektor perbankan,” tutur Budi Arie. 

Hingga 2020, BUMDes yang telah terbentuk sebanyak 51.134 unit. Sejak tahun 2015 hingga tahun 2020, BUMDes telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) hingga Rp1,1 Triliun.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Lain