Wamendes: Tujuan Utama Kita Menyejahterakan Petani

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi (paling kiri) bersama Komisaris Telkom Rizal Mallarangeng (paling kanan) dan Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Edi Witjara (tengah) menyaksikan penandatanganan kerja sama Penyediaan Layanan Platform Agree Suite antara PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) yang dilakukan oleh Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin (kedua dari kiri) dan Direktur Utama MBN Wiyoto (kedua dari kanan) di Jakarta, pada Rabu (24/3/2021).(Dok. Humas Telkom Indonesia)  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Telkom dan MBN Hadirkan Agree untuk Bantu Petani, Wamendes PDTT: Segera Dieksekusi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/03/26/084040626/telkom-dan-mbn-hadirkan-agree-untuk-bantu-petani-wamendes-pdtt-segera?page=all. Penulis : Alifia Nuralita Rezqiana Editor : Mikhael Gewati  Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat: Android: https://bit.ly/3g85pkA iOS: https://apple.co/3hXWJ0L
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi (paling kiri) bersama Komisaris Telkom Rizal Mallarangeng (paling kanan) dan Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Edi Witjara (tengah) menyaksikan penandatanganan kerja sama Penyediaan Layanan Platform Agree Suite antara PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) yang dilakukan oleh Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin (kedua dari kiri) dan Direktur Utama MBN Wiyoto (kedua dari kanan) di Jakarta, pada Rabu (24/3/2021). (Dok. Humas Telkom Indonesia)

Wakil Menteri Desa (Wamendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Budi Arie Setiadi mengatakan, ia mendukung implementasi platform Agree. Platform ini merupakan hasil kerja sama PT. Telkom Indonesia dan PT. Mitra BUMDes Nusantara (MBN).

“Kita harus mempersiapkan digitalisasi ekonomi. Saya menyambut baik implementasi Agree, agar segera untuk dieksekusi dan diwujudkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (26/3/2021).

Hal tersebut dikatakan Budi Arie saat menandatangani kontrak kerja sama penyediaan layanan Plarform agree antara PT Telkom Indonesia dan PT MBN di Jakarta, Rabu (24/3/2021). Ia berharap kehadiran platform Agree dapat memperkecil angka kesenjangan antara desa dan kota.

“Dari data produk domestik bruto (PDB), ekonomi kota sebesar 86 persen, sedangkan ekonomi desa 14 persen, (kesenjangan tersebut adalah) hal yang cukup miris,” tutur Budi.

Untuk itu, kata dia, agar Indonesia maju, maka desa juga harus maju. Wamendes mengatakan pada tahap awal pembentukan platform ini pasti akan mengalami banyak tantangan, kendala dan perbaikan. Namun, ia yakin kendala itu bisa teratasi.

Platform Agree adalah aplikasi penunjang agribisnis yang memiliki fitur kemitraan dengan perusahaan pertanian, permodalan, dan penjualan. Aplikasi ini memiliki fitur informasi tentang cara budidaya, info cuaca, dan info harga. Wamendes Budi Arie menegaskan kehadiran Agree diharapkan dapat menyejahterakan petani

“Tujuan utama kita adalah menyejahterakan petani. Petani kaya, produknya berkualitas. Jangan sampai hasil pertanian warga banyak, tetapi petani justru miskin.” tukasnya.

Selain memuat informasi dan layanan di sektor pertanian, Agree juga menyediakan layanan untuk sektor perikanan dan peternakan. Baca juga: Potret Susutnya Lahan Pertanian dan Profesi Petani yang Terancam Punah Adapun layanan di sektor perikanan dan peternakan akan mencakup service kemitraan, permodalan, dan marketplace.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Lain