Presiden Minta Penyaluran BLT Dana Desa Dipercepat, Wamendes: Masyarakat Terima Sebelum 24 Mei 2020

istimewa/Fi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) menyatakan Bantuan langsung Tunai (BLT) Dana Desa akan disalurkan kepada masyarakat sebelum 24 Mei mendatang.

Hal itu berarti diperkirakan sebelum perayaan Idulfitri atau Lebaran masyarakat dapat mengantongi bantuan dana tersebut.

Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi mengatakan ketentuan tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri Desa PDTT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Penyaluran BLT Dana Desa.

“Ada Instruksi Menteri Desa Nomor 1 Tahun 2020, jadi dipermudah prosedurnya. Pertama kepala desa menyerahkan BLT sebelum 24 Mei,” ujar Budi kepada CNNIndonesia.com, Minggu (17/5).

Saat memimpin rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 19 Mei 2020, Presiden menyebut bahwa di dalam situasi pandemi seperti saat ini memang sangat diperlukan sebuah kecepatan.

“Situasi saat ini bersifat extraordinary, ini butuh kecepatan. Oleh sebab itu saya minta aturan itu dibuat sesimpel mungkin, sesederhana mungkin, tanpa mengurangi akuntabilitas sehingga pelaksanaan di lapangan bisa fleksibel,” ujarnya.

“Libatkan RT, RW, dan desa. Dibuat mekanisme yang lebih terbuka, transparan, sehingga semuanya bisa segera diselesaikan baik itu yang namanya BLT Desa maupun bantuan sosial tunai. Saya kira ini ditunggu masyarakat,” tandasnya.

File soal BLT Dana Desa silahkan download disini

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

One Response

  1. Pak aku perantauan ga dapat sm sx bantuan dr manapun,sy perantau dari cilegon-banten.tp dh berdomisili di indramayu.tp t4 kelurahan yg sy tinggali di bilang kita bukan warga asli indramayu bagaimn itu pak.tolong donk pa aku juga mmbutuhkanya karena daganganku pun lagi susah g seperti sebelumnyA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Lain