Wamendes: BUMDes yang Inovatif dan Kreatif Pelopor Pemulihan Ekonomi Indonesia

Pandemi covid 19 diprediksi akan berlangsung dan efeknya akan berlanjut kepada krisis pangan. Untuk itu, Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu telah menetapkan Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah sebagai food estate baru.

Seluruh negara di dunia saat ini sudah melakukan pelarangan ekspor produk pertanian, khususnya bahan pangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga stok pangan untuk konsumsi dalam negeri. Indonesia juga harus mampu memproduksi sendiri bahan pangan untuk seluruh warga Indonesia.

“Karena itulah isu ketahanan pangan saat ini menjadi sangat sensitif, sangat krusial dan sangat penting untuk terus digerakkan,” ungkap Wakil Menteri Desa PDTT, Budi Arie Setiadi dalam Webina BUMDes #06 : BUMDes Untuk Ketahanan Pangan, Energi dan Air Bersih, Selasa (28/7/2020).

Budi juga menyatakan peran desa dan BUMDes menjadi sangat penting untuk ketahanan pangan nasional. BUMDes idealnya berperan sebagai pusat produksi dan distribusi. Keterlibatan BUMDes dalam siklus agribisnis bisa melalui investasi dan permodalan, penanaman, pengolahan pasca panen, dan pemasaran.

“Dengan BUMDes yang inovatif dan kreatif bisa menjadi pelopor bagi pemulihan ekonomi Indonesia paska pandemi covid 19” ujar Budi.

“Kita membutuhkan Champion-Champion, perlu banyak contoh BUMDes yang berhasil, yang tidak hanya memberikan profit tetapi juga benefit bagi seluruh warga desa,” Tutupnya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Lain