Projo Riau Apresiasi Gubri Ciptakan Lumbung Pangan Baru

Ketua Projo Riau Sonny Silaban dan Gubernur Riau, H.Syamsuar Saat Peresmian Lumbung Pangan Baru, dengan pola Tumpang Sari di Areal Hutan Tanaman Industri, Rabu 916/9/2020).

Kampar, 16 september 2020

Presiden Joko widodo sudah mencanangkan Program Nasional Menciptakan Lumbung Pangan Baru (FOOD ESTATE) agar Indonesia Siap dalam menghadapi Krisis Pangan Pasca Pandemik COVID 19 ini.

Gubernur Riau melalui Program Kemitraaan Binaaan Dinas DLHK Provinsi Riau yaitu Kelompok tani Hutan (KTH) Sebar dan PT. Arara Abadi mengimplementasikan Program Tersebut yang terletak di desa bencah klubi kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Sonny Silaban Ketua DPD Projo Riau mengatakan KTH Sebar yang juga binaan dari Projo Riau melakukan inovasi dalam menciptakan Lumbung Pangan Baru, dengan pola Tumpang Sari di Areal Hutan Tanaman Industri.

Baca Juga: Projo Riau Meminta KPU Riau Tegas Pada ProKes Covid 19 Dalam Kampanye Pilkada Serentak

“Ketahanan Pangan tidak Harus Membuka Areal baru yang dapat menyebabkan Deforestry (Pengurangan lahan Hutan) dan Pola Tumpang sari adalah solusi cerdas dalam mengatasi konflik Sosial dan Agraria,” ucap Sonny dalam keterangan tertulis yang diterima ormasprojo.id.

Gubernur Riau H.Syamsuar kepada media mengatakan, Program ini sangat Layak untuk di kembangkan ke seluruh kabupaten di Riau.

“Saya minta juga di Kabupaten Siak agar segera dilakukan program ini, karena KTH disana juga sudah siap dalam program ini,” tegas Syamsuar.

Hal senada juga diamini oleh Kepala dinas DLHK Provinsi Riau Bapak DR.Ir. Maamun Murod, MM , Konsep yang kita ciptakan dalam Program Lumbung Pangan Baru (FOOD ESTATE) merupakan Konsep implementasi dari Perhutanan Sosial, dimana Kita Menciptkan Pola Tumpang sari Perdana Antara tanaman Idustri dan tanaman Pangan, agar tercipta pola Perhutanan Sosial berkesinambungan, dan berharap ini merupakan solusi bagi konflik sosial dan agraria yang ada di Provinsi Riau.

Pengurus DPD Projo Riau dengan Gubernur Riau, Danrem 031/Wirabima beserta Kapolda Riau saat peresmian Lumbung Pangan Baru.

Humas PP.Arara Abadi Joss mengatakan, perusahaan mendukung program yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau dalam menciptakan Program Lumbung Pangan Baru (FOOD ESTATE) dengan turut hadirnya perwakilan perusahaan dalam Program ini.

“Harapan kita, program ini dapat mensejahterakan masyarakat di sekitar wilayah Kerja Perusahaan,” kata Joss.

Turut hadir dalam acara ini Danrem 031/Wirabima beserta Kapolda Riau yang turut serta dalam Penanaman perdana agar tercipta Harmonisasi TNI-Polri beserta masyarakat dan Perusahaan bersatu membangun ketahanan Pangan.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Lain