Wamendes: Digitalisasi Adalah Keniscayaan

Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Gubernur dan Kepala KSP Moeldoko meresmikan Desa Kemuning di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sebagai Smart Village, pada Kamis (1/10/2020).
Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Gubernur dan Kepala KSP Moeldoko meresmikan Desa Kemuning, Karanganyar, Kamis (1/10/2020).

Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Gubernur dan Kepala KSP Moeldoko meresmikan Desa Kemuning di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sebagai Smart Village, pada Kamis (1/10/2020).

Desa Kemuning adalah salah satu percontohan Smart Village Nusantara yang ditopang PT Telkom selain Desa Pangandaran.

“Digitalisasi adalah keniscayaan. Tugas kita sekarang adalah bagaimana memastikan digitalisasi mampu memajukan masyarakat desa. Smart Village adalah masa depan Indonesia, ” kata Budi Arie saat Soft Launching Piloting Smart Village Nusantara.

Budi Arie menjelaskan, masa depan Indonesia akan sangat bergantung pada tiga sektor, di antaranya pertanian, perikanan, dan pariwisata.

“Dan ketiganya belum digarap optimal. Potensi yang luar biasa harus di dorong untuk memajukan perekonomian desa sesuai arahan dan perintah Presiden Jokowi,” imbuhnya. 

Baca: Kunjungan ke Gorontalo, Wamendes Budi Arie Memulai Gerakan Desa Bersinar, Bersih dari Narkoba

Menurut dia, ciri desa akan maju jika banyak anak muda di desa, sumber daya manusia yang inovatif, serta partisipasi warga desa.

Budi Arie mengatakan warga desa tidak bisa hanya menjadi penonton proses kemajuan desanya.

Tanpa partisipasi masyarakat desa, kemajuan tidak mungkin terwujud.

Wamendes Budi Arie juga menyatakan Presiden Jokowi sangat serius memajukan desa, termasuk memajukan ekonomi desa dengan digitalisasi.

Dia menyatakan kebijakan itu dilakukan karena desa maju, Indonesia maju.

Smart Village itu mencakup seluruh proses kehidupan di desa mulai dari E Goverment, E Learning, E Healthy, E Comerce dan seluruh kegiatan dan ekosistem digital lainnya.

“Kemajuan dan kreatifitas Desa Kemuning harus disebarkan ke seluruh Nusantara. Smart Village adalah wajah masa depan desa – desa di Indonesia,”tambahnya. 

Smart Village Nusantara di Kemuning adalah kerjasama Kementrian Desa PDTT dengan PT Telkom , Kabupaten Karang Anyar dan Pemprov Jawa Tengah.

Dalam peresmian itu hadir pula Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karang Anyar Robet Kardinal , Komisaris Utama Telkom Renald Kasali, Komisaris Telkom Marsudi, dan Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara.

“Terima kasih atas dukungan Telkom dan kepercayaan terhadap Desa Kemuning menjadi Piloting Smart Village Nusantara,” kata Bupati Juliatmono.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Lain